Selamat datang di Web Resmi Desa Cipedes Kecamatan Paseh email : info@cipedes.desa.id. Mari Bersama Mebangun Desa Cipedes

 

Pendistribusian BPJS KIS PBI APBN Tambahan tahun 2019 Bagi Warga Desa Cipedes

Administrator 04 April 2019 13:16:35 Berita Desa

Sebagai warga negara Indonesia, salah satu yang menjadi hak setiap Warga Negara Indonesia adalah mendapatkan jaminan sosial. Sebagaimana namanya, jaminan sosial nasional merupakan salah satu bentuk perlindungan sosial yang diselenggarakan Negara untuk menjamin kebutuhan dasar seluruh rakyat Indonesia. Jaminan sosial di Indonesia diselenggarakan melalui Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN) yang diatur dalam UU No. 40 Tahun 2004 dengan berlandaskan UUD 1945. Isinya menyatakan bahwa Pemerintah harus terlibat dalam menyejahterakan warga negaranya.

Hadirnya SJSN telah melahirkan sistem baru program jaminan sosial di Indonesia dan menggantikan program-program jaminan sosial yang ada sebelumnya, seperti Asuransi Kesehatan (Askes) dan Jaminan Sosial Tenaga Kerja (Jamsostek). Sistem baru yang dinamakan Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS) adalah wujud tanggung jawab Negara untuk memberikan perlindungan sosial sepenuhnya kepada masyarakat Indonesia.

Sebelum adanya BPJS, masyarakat Indonesia cukup kesulitan untuk mendapatkan bantuan biaya pengobatan. Mereka harus terlebih dahulu mengurus surat-surat keterangan di kelurahan dan sebagainya. Setelah munculnya BPJS Kesehatan (menggantikan Askes) pada tahun 2014, akses ke pengobatan menjadi lebih mudah.

Untuk mendapatkan jaminan kesehatan dari BPJS Kesehatan, setiap warga negara Indonesia terlebih dahulu harus mendaftar sebagai peserta. Manfaat yang diberikan bertingkat sesuai dengan kelasnya. Masyarakat bisa memilih manfaat yang sesuai dengan kemampuan dalam membayar iuran. Namun, aturan ini tidak berlaku bagi masyarakat yang dikategorikan tidak mampu. Mereka mendapat pengecualian untuk pembayaran iuran. 

Bagi mereka keluarga yang termasuk golongan ekonomi rendah, pemerintah telah menggulirkan dana melalui Kementerian Sosial untuk jaminan kesehatan berupa BPJS Penerima Bantuan Iuran (PBI) baik dari anggaran APBD maupun APBN. program ini tentunya menjadi solusi bagi warga negara Indonesia yang masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) dan masyarakat miskin. 

Desa kami Desa Cipedes Kecamatan Paseh Kabupaten Bandung, dengan jumlah penduduk 11.293 jiwa dari 3.471 kepala keluarga yang tersebar di 4 Dusun, 15 RW dan 63 RT, sedikitnya ada 1.471 kepala keluarga yang berpenghasilan rendah dan miskin. Namun tidak semuanya mendapatkan layanan jaminan kesehatan dari BPJS PBI hal ini dikarenakan masih banyak data yang harus kami evaluasi terkait keakuratan data yang kami kelola melalui aplikasi SIKS-NG kementerian sosial RI. 

Pada tanggal 2 April 2019 kami melaksanakan verifikasi sekaligus pendistribusian kartu BPJS PBI tambahan dari anggaran APBN tahun 2019 yang kami terima dari Dinas Sosial Kabupaten Bandung dengan jumlah 246 kartu. Jumlah tersebut masih perlu kami verifikasi dan rekap ulang supaya tidak ada data ganda. Acara dipandu oleh perangkat Desa yang berkoordinasi dengan PUSKESOS Salaras Desa Cipedes. Acara tersebut  dihadiri oleh Bapak Kepala Desa Cipedes Ujang Sulaeman, SH, Bapak Bhabinkamtibmas Desa Cipedes Bapak Aiptu Asep Suryatna serta Babinsa Desa Cipedes Bapak Suherman. Acara tersebut berlangsung dengan tertib dan kondusif. 

Selanjutnya kami berharap semoga BPJS kesehatan dapat selalu hadir bagi warga masyarakat Indonesia karena efisiensinya yang dapat memberikan kemudahan dalam proses pembiayaan pengobatan. Tak lupa kami juga mengucapkan terima kasih kepada pemerintah yang telah menghadirkan BPJS PBI yang banyak membantu kepada warga desa kami yang kurang mampu. (ADMIN)

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
No. HP
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Aparatur Desa

  • UJANG SULAEMAN,SH

    Kepala Desa Cipedes

  • AGUS DEVI

    Sekretaris Desa

  • ASEP JAJA

    Bendahara Desa

  • DEWI PUNAMASARI

    Kaur Umum

  • AGUS BADAR

    Kaur Keuangan

  • ASEP RAHMAT

    Kasi Perencanaan

  • SAEPUL KOMAR

    Kasi Pemerintahan

  • ENCEP AHMAD, S.Pd.I

    Kasi Pelayanan

  • AYI WAWAN

    Kasi Pemberdayaan

  • ASEP AHMAD YANI

    Kadus II

  • HADA SUJANA

    Kadus III

  • ODANG

    Kadus IV

  • ACENG SOMAD

    Staf Desa

  • KUSNA

    Staff Desa

  • OJANG

    Kadus I

Sinergi Program

APBDes 2018
WEBSITE KABUPATEN BANDUNG WEBSITE PROVINSI JAWA BARAT
WEBSITE KECAMATAN PASEH e-LAPOR

Peta Desa Cipedes

Wilayah Desa

Layanan Mandiri


Silakan datang atau hubungi operator desa untuk mendapatkan kode PIN anda.

Masukan NIK dan PIN

Komentar Terkini

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Desa

Alamat Jl. Raya Cipedes No 20
Desa Cipedes
Kecamatan Paseh
Kabupaten Bandung
Kodepos 40383
Telepon
Email info@cipedes.desa.id

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung