IDE KREATIF KARANG TARUNA

Desa cipedes 19 Desember 2018 10:28:27 Berita Desa

Ide Kreatif untuk Karang Taruna

Karang Taruna merupakan salah satu organisasi yang berada di Desa yang terdiri dari pemuda dan pemudi dari Desa itu sendiri. Organisasi ini biasanya memiliki tugas sosial yaitu untuk memajukan perekonomian masyarakat agar lebih maju dan berkembang.

 Karang Taruna merupakan partner pemerintah dalam usaha meningkatkan perekonomian masyarakat. Anak muda ini dipandang lebih memiliki ide dan Kreatifitas yang menarik dalam membangun Desanya. Berikut ini adalah peluang usaha Kreatif Karang Taruna yang menguntungkan:

 1.Usaha Ekonomi Produktif (UEP)

Usaha Kreatif Karang Taruna yang pertama adalah dengan membuka usaha ekonomi produktif. Peluang usaha ini tentu saja harus disesuaikan dengan keadaan kondisi lingkungan yang ada. Sehingga akan tercipta korelasi yang tepat antara usaha yang didirikan tersebut dengan masyarakat.

Misalnya saja, jika potensi Desa merupakan potensi pertanian maka akan sangat membantu jika oleh Karang Taruna diadakan budidaya tanaman. Hal ini akan tercipta korelasi yang tepat dan sesuai dengan kondisi yang ada.

2.Mengelola Sampah

Sampah merupakan salah satu masalah yang dihadapi oleh masyarakat. Hampir setiap hari setiap rumah selalu menghasilkan sampah. Jika sampah-sampah ini tidak dikelola dengan baik maka yang terjadi adalah sampah tersebut akan menimbulkan masalah yang serius bagi lingkungan sekitar.

Hal ini dapat dijadikan peluang usaha Kreatif Karang Taruna dalam mengelola sampah. Selain dapat menguntungkan dengan menghasilkan uang, mengelola sampah secara benar dapat menjaga lingkungan agar tetap bersih dan nyaman.

3.Rumah Industri

Mengembangkan produk rumahan atau Rumah industry menjadi salah satu langkah Kreatif peluang usaha yang bisa dijalankan oleh Karang Taruna. Selain dapat memperoleh penghasilan dan

memperbaiki perekonomian keluarga, industri rumahan juga dapat  digunakan sebagai sarana untuk mengembangkan potensi Desa.

Misalnya saja produksi kerupuk salak di daerah Banjarnegara yang mayoritas penduduknya adalah petani buah salak. Atau industri rumahan yang menjamur di sekitar kawasan Dieng untuk produk olahan manisan carica.

Sebagai generasi millenial, Anda juga bisa mengembangkan potensi Desa dengan cara mempromosikannya melalui media sosial. Tidak harus terjun secara langsung ke lapangan, melainkan dengan cara yang lain untuk ikut berpartisipasi membangun Desa.

 

 

HENDRA/M.AZIZ (19/12/2018)

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
No. HP
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Aparatur Desa

Sinergi Program

APBDes 2018
WEBSITE KABUPATEN BANDUNG WEBSITE PROVINSI JAWA BARAT
WEBSITE KECAMATAN PASEH e-LAPOR

Peta Desa Cipedes

Wilayah Desa

Layanan Mandiri


Silakan datang atau hubungi operator desa untuk mendapatkan kode PIN anda.

Masukan NIK dan PIN

Komentar Terkini

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Desa

Alamat Jl. Raya Cipedes No 20
Desa Cipedes
Kecamatan Paseh
Kabupaten Bandung
Kodepos 40383
Telepon
Email cipedesds@gmail.com

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung